Orang Tua dan Sekolah adalah Partner dalam Pendidikan

22 July 2016


Direktur Pendidikan DM School Etty Yuliani, SE., MM bersama DM School Director Stefy Christian Tjandradjaja, SE., MBI., MM berbagi kepada pendengar 92, 9 B FM pada perbicangan parenting, 16 Juli 2016 lalu mengenai topik ”Orang Tua dan Sekolah adalah Partner dalam Pendidikan.” 

Apakah sebagai orang tua kita menyadari bahwa pendidikan keluarga adalah hal yang mendasar dari pendidikan anak? Mari tidak menyerahkan begitu saja pendidikan anak hanya kepada sekolah tanpa terjalin komunikasi yang baik antar dua pihak (orang tua dan sekolah). Jika kita mau merenungkan kembali, sebenarnya tanggung jawab sepenuhnya sebuah pendidikan ada di tangan kita sebagai orang tua. Sekolah adalah lembaga pendidikan yang menindaklanjuti pendidikan yang telah dilakukan oleh orang tua di rumah, demikian ungkap Etty Yuliani.

Setiap anak akan belajar tentang banyak hal dari siapapun. Apa yang paling sering dilihat akan menjadi pembentuk sikap dan karakternya. Anak yang sering melihat orangtuanya membaca, begitu cara belajar anak. Setiap anak akan mencari referensi sikap atas hidupnya. Atas dasar inilah, pendidikan karakter harus dibangun baik di sekolah, di rumah, atau di lingkungan masyarakat sebaiknya seirama. Karakter bukan “apa” tetapi “siapa.” Demikian penting sekali, orang tua senantiasa berperan sebagai ‘role model’ bagi anak-anaknya.

“Mari tidak lupakan komunikasi di dalam keluarga, yang menjadi dasar terpenting. Itu dapat menjadi solusi bagi orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter di rumah.” ujar Stefy Christian, DM School Director. 

“Orang tua dan sekolah, hendaknya satu visi dalam memberikan pendidikan bagi anak-anak mereka. Adanya mutual resepect, mutual understanding dan mutual trust antara pihak skeolah dan orang tua menjadi hal yang penting pula.” tambah Stefy Christian dalam perbincangan parenting di 92,9 B FM.

Hasil pendidikan yang diperoleh anak dalam keluarga menentukan kelanjutan pendidikan baik di sekolah maupun masyarakat. Demikianlah betapa pentingnya kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah dalam pendidikan bagi putra-putri kesayangan kita.