Belajar Menemukan Energi Alternatif Bersama Siswa SD

04 December 2018


Kita semua butuh sumber energi di dalam kehidupan. Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lainnya. Perkembangan era teknologi kini dan pemahaman manusia, semakin ditemukan berbagai sumber energi alternatif untuk menggantikan energi dari minyak bumi. Salah satunya berasal dari buah-buahan.

Siswa-siswi kelas 4 SD Dharma Mulya ini melakukan percobaan energi alternatif pengganti listrik. Mereka terlihat begitu semangat dan antusias dalam eksperimen ini. Jika dalam kehidupan sehari-hari kita biasa menyalakan lampu dengan listrik atau baterai, maka anak-anak ini mencoba menggantinya dengan Jeruk Nipis dan Kentang.

Melalui kedua bahan alami ini mereka mencoba menyalakan lampu LED. Yuk, belajar bersama dan ikut praktek juga.

 

Alat dan bahan :

kentang, jeruk nipis, kabel, penjepit buaya, paku, uang logam, silet, lampu LED

 

Cara kerja :

1.      Siapkan bahan yg dibutuhkan

2.      Lubangi jeruk nipis / kentang menggunakan silet. Setelah dilubangi, masukkan uang logam di sisi sebelah kanan dan paku di sisi sebelah kiri jeruk nipis/ kentang

3.      Rangkai kabel pada jeruk nipis / kentang. Jika kabel sudah dijepit di paku maka sisi kabel yang lain dijepit di uang logam jeruk kedua. Begitu selanjutnya sampai menjadi sebuah rangkaian dan kabel terakhir dijepitkan pada lampu LED.

 

Wah, sudah menyala lampu LED kita dengan sumber energi dari jeruk dan kentang ini. Siap mencobanya juga?