Percobaan Rangkaian Listrik Seri

27 November 2018


Siswa kelas 6 SD ini sedang melakukan percobaan rangkaian listrik. Ini adalah sebuah jalur atau rangkaian sehingga elektron dapat mengalir dari sumber voltase atau arus listrik. Proses perpindahan elektron inilah yang kita kenal sebagai listrik. 

Elektron dapat mengalir pada material penghantar arus listrik yakni konduktor. Oleh karena itu kabel dipakai pada rangkaian listrik karena kabel terbuat dari tembaga yang dapat menghantarkan arus listrik. Tempat dimana elektron masuk ke dalam rangkaian listrik dinamakan dengan sumber listrik. Setiap benda yang memakai listrik untuk penggunaannya disebut sebagai beban listrik.

Rangkaian listrik terdiri atas dua jenis yaitu seri dan paralel. Kali ini mereka sedang praktek rangkaian seri. Selain itu ada juga gabungan dari dua jenis rangkaian listrik, yang disebut rangkaian campuran. Sehingga, terdapat tiga bentuk rangkaian listrik yaitu rangkaian listrik seri, paralel, dan campuran.

Perbedaan jenis rangkaian listrik ini terletak pada cara merangkainya. Rangkaian listrik seri disusun secara sejajar, sedangkan rangkaian listrik paralel disusun secara bersusun atau bercabang. Sedangkan rangkaian campuran merupakan kombinasi dari rangkaian seri dan paralel. Penerapan rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemukan pada lampu senter.

Ayo kita coba praktek.

 

Alat dan bahan :

Tempat baterai, baterai ukuran sedang (AA), lampu LED, kabel.

 

Cara kerja :

1.         Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

2.         Pasang baterai pada tempat baterai

3.         Jepitkan kabel sesuai dengan warna kabel

4.         Sisi kabel yg lain dijepitkan pada lampu LED

5.         Jadilah rangkaian listrik seri

 

(Sumber penjelasan: Studiobelajar, Idschool)