Presentasi Penelitian Sungai Kepada Profesor Belanda

22 March 2018


Environmental Discussion with Prof. Floris Boogaard

(15 Febuari 2018)

Lingkungan menjadi isu yang menarik, khususnya air sungai. Para siswa SMP Kristen Dharma Mulya ini mencoba mempresentasikan hasil penelitian mereka tentang sungai di kawasan Karangpilang, dan Jagir. Penelitian ini dibantu oleh lembaga swadaya masyarakat: Ecoton (Ecological Observation and Wetlands Conservation).

Rico, Risco, dan Aldrich (siswa SMP Kr. Dharma Mulya) menghasilkan penelitian tentang keadaan sungai tersebut sudah sangat tercemar sehingga perlu tindak lanjut dari semua pihak termasuk masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan.

Prof. Floris Boogaard yang merupakan profesor applied science menanggapi penelitian tersebut dengan diskusi yang menarik. Profesor yang berasal dari Belanda ini lalu menjelaskan pula mengenai 'floating house' yang dibangun di negaranya. Menurutnya, tanah di sana sangat mahal dan dikelilingi air laut jadi perlu tanggul yang sangat baik. Floating house dibuat saat hujan datang sehingga saat terjadi banjir, maka floatinghouse dapat mengapung. Saat surut, alat pemberat dikaitkan ke tanah.

Prof. Floris Boogaard mengaku senang, dan kagum kepada anak-anak SMP yang mau melakukan penelitian ini. Biasanya siswa tingkat SMA, namun ini sejak SMP mereka sudah peduli lingkungan.

Diskusi yang juga dihadiri dari para siswa dan guru dari SMPN 18, SMP Muhammadiyah, dan beberapa sekolah lain ini mengajak untuk sadar lingkungan dengan banyak cara. Salah satunya dengan pembuatan taman vertikal, mengurangi sampah plastik, dan tentu saja membuang sampah pada tempatnya. Wah, ayo semakin sadar lingkungan dan menjaga bumi Kita ;)