Gold Medal bagi Inovator Muda SMP Dharma Mulya

04 October 2017


Aldrich Quinn Jefferson, Bintang Baswara Priambodo, dan Gilbrand Joeseph, ketiga siswa SMP Dharma Mulya ini berhasil meraih GOLD MEDAL dalam 4th International Young Inventors Award (IYIA 2017). Ajang bagi para calon inovator muda ini diselenggarakan di Universitas Mercu Buana Jakarta pada 22-24 September 2017.

Karya penemuan mereka ini adalah sebuah meja bagi para siswa yang diberi nama: X-Table. Ini adalah sebuah meja inovasi yang dapat digunakan untuk membantu siswa agarlebih fokus saat mengerjakan ujian di kelas. Menariknya di meja ini pun terdapat tempat menggantung botol minum hingga tempat untuk corat-coret rumus ataucatatan penting lain. Jadi tidak perlu menggunakan kertas buram lagi. Tidak hanya gold medal yang berhasil mereka bawa pulang namun juga penghargaan kehormatan dari India, yang diwakili dan diberikan oleh President International Science Federation, India.

"Awal Kami datang, merasa nervous karena melihat peserta lain banyak yang bagus. Sungguh tidak menyangka Kami berhasil membawa gold medal ini." Aldrich tersipu mengakui kegembiraannya.

Sementara Lestasi, M.Pd. sebagai salah satu guru pembimbing mengaku kagum, "Seusia semuda itu mereka dapat menemukan problem di sekitar. Tidak hanya itu, mereka mampu memikirkan solusinya. Kami membiarkan imajinasi mereka dalam berinovasi. Kami hanya mendampingi. Ketiganya sanggup mengatasi problem dengan mandiri."

IYIA 2017 merupakan ajang yang memberikan ruang dan kesempatan bagi para inovator atau ilmuwan muda untuk berbagi ide kreatif dan memberikan pengaruh yang sangat baik bagi penemuan dan kemajuan teknologi di berbagai sektor.

Keberhasilan ketiga siswa kelas 9 SMP Dharma Mulya Surabaya ini tentu saja tidak lepas dari peran dan dukungan bapak ibu guru sebagai pembimbing mereka. Ini menjadi salah satu wujud dari pelaksanaan komitmen yang dilakukan Sekolah Kristen Dharma Mulya Surabaya untuk memfasilitasi pengembangan minat, bakat dan kemampuan akademis ataupun non-akademis dari siswa-siswanya. Hal ini pula yang selanjutnya mendorong sekolah untuk mengirim perwakilan siswa SD Kristen Dharma Mulya dan guru pendamping untuk mengikuti The Hong Kong International Student Innovative Contest 2017 di Hong Kong, pada tanggal 14-17 Desember 2017 mendatang.