Bersepeda, Belajar Berani dan Memahami Komunikasi

13 November 2018


Salah satu siswa Kelompok Bermain ini terlihat ceria sekali ketika diajak bersepeda di halaman sekolah. Ajakan bersepeda ini bukan hanya menyenangkan anak-anak, namun terdapat value (nilai) pembelajaran yang diajarkan kepada mereka. Ada pembelajaran keberanian melalui kegiatan bersepeda ini.

Ini sesuai dengan fokus sekolah kristen di Surabaya Barat ini untuk mengembangkan karakter kristiani.

Berani merupakan salah satu karakter kristiani. Berani bukan karena sanggup mengatasi tantangan yang ada di luar. Berani karena percaya pada perlindungan dan penyertaan Tuhan yang tidak pernah meninggalkan.

Anak-anak diajak untuk tidak takut-takut, sehingga tidak mudah menangis. Ketika mereka sudah berani mencoba mengayuh sepeda roda tiga ini diajak pula mengenal arah kanan dan kiri.

Membelokkan sepeda dan mengayuhnya juga melatih motorik mereka. Selain itu mereka juga belajar memahami instruksi. Ketika diminta mengarahkan sepeda berbelok atau lurus, anak-anak diajak memahami bahasa komunikasi tersebut.

Wah, ternyata kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak memiliki banyak nilai penting dalam perkembangan anak-anak kita ya!

 

 

Baca Juga:

Bagaimana agar Anak Tidak Rewel Waktu Masuk Sekolah?

Character Building Setiap Pagi

Melatih Kecerdasan Motorik Lewat Field Trip