Belajar dari Ubi Jalar

13 March 2019


Fieldtrip di SMP Dharma Mulya selalu menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu. Para siswa dapat belajar banyak pengetahuan di satu tempat sekaligus mengaplikasikannya pada beberapa mata pelajaran. Republik Telo menjadi salah satu tempat mereka belajar pada 13 Febuari lalu.

Mereka belajar proses dari menanam, memanen, hingga pengelolaan produk ubi jalar. Harapan sekolah, sepulang dari fieldtrip ini, para siswa selain dapat praktek langsung pelajaran prakarya juga dapat mengaplikasikan pelajaran matematika melalui perhitungan bangun dan ruang dalam membuat kemasan pruduk ubi jalar ini. Selain itu mereka dapat melakukan penyimpulan kegiatan sesuai materi bahasa Indonesia yang didapat di kelas, dan presentasi bahasa Inggris sebagai wujud praktek speaking. Para Siswa juga mendapatkan pengetahuan hidup sehat, dan inspirasi ide-ide inovasi di masa depan yang dapat mereka ciptakan sendiri.

 

Mari simak liputan Malangtoday.net yang mendokumentasikan kegiatan fieldtrip ini:

 

Yuk, Intip Keseruan Outing Class SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya di Repoeblik Telo!

Penulis Endra Kurniawan - 13 Februari 2019

(MALANGTODAY.NET) – Belajar di luar kelas terasa selalu menyenangkan ya, apalagi kalau berkunjung ke tempat baru dan mendapatkan ilmu baru. Pastinya, ilmu bisa lebih cepat terserap.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh adik-adik dari SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya hari ini, Rabu (13/2/2019). Adik-adik SMP ini memiliki agenda outing class ke Repoeblik Telo. Mereka banyak belajar tentang produk-produk serelia.

Sedikit informasi, produk serelia adalah produk yang dihasilkan dari tanaman yang hasil panennya merupakan sumber kabohidrat. Salah satu contoh serelia adalam umbi-umbian. Makanya tak heran kalau adik-adik ini memilih berkunjung ke Repoeblik Telo.

Tempat yang menyajikan aneka kuliner serba telo ini, adik-adik telah mengalami keseruan yang jarang didapatkan di outing class lainnya. Sebab, mereka tidak hanya melihat proses pengolahan telo tetapi juga terlibat langsung dalam pengolahannya.

Mereka nampak antusias sekali dalam membuat produk-produk olahan telo! Harapannya, mereka nanti dapat menambah nilai-nilai pangan lokal menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi.