Anak Susah Membaca Buku, Ini Dia Tipsnya

19 June 2019


Buku tentu masih menjadi jendela dunia, namun apakah kita sebagai orang tua masih sering kesusahan memotivasi anak-anak untuk membaca buku?

Ini dia tips yang sudah dipraktikkan langsung oleh SD Dharma Mulya yang membuat anak semakin bersemangat dalam membaca buku.

 

1. Role Model

Anak lebih mudah diberi teladan daripada hanya diberi tahu.

American Academy of Child & Adolescent Psychiatry menulis,

For many children, the most important role models are their parents 

(Bagi banyak anak, panutan yang paling penting adalah orang tua mereka)"

Maka, mari biasakan diri kita juga membaca buku di rumah agar anak dapat melihat dan mengadaptasi kebiasaan baik ini.

 

 

2. Membacakan

Anak suka sekali saat orang tua punya perhatian yang besar kepada mereka dengan menghabiskan waktu bersama. Salah satunya mendengarkan Papa atau Mama mereka bercerita, dan mengajak mereka bermain.

Kita bisa manfaatkan dengan membacakan buku, dengan gaya yang lucu dan yang menarik perhatian mereka. Ini dilakukan juga di SD Dharma Mulya dengan menjadwalkan setiap kelas datang ke perpustakaan. Mereka dibacakan cerita bahkan diberikan dongeng yang menarik oleh pustakawan sekolah. Menggunakan alat bantu seperti boneka atau alat peraga lain juga menjadi pilihan yang sangat menarik.

 

Cuplikan Kegiatan Pagi Pintar di SD Dharma Mulya setiap pagi

 

3. Pakai Kostum

Saat membacakan cerita, dongeng, atau buku anak lain jangan ragu pula memakai kostum yang mendukung. Kita bisa manfaatkan sprei, handuk, barang apapun yang terjangkau di rumah untuk menambah ketertarikan mereka.

SD kristen di Surabaya Barat yang berfokus pada karakter kristiani ini juga mempunyai program Papin (Pagi Pintar) yang mengajak anak mendengarkan cerita, dongeng, sambil diselingi kuis. Perpustakaan mengeluarkan buku-buku dan ditata dalam gerobak warna-warni yang menambah semarak suasana membaca.

 

Wah, semoga tips ini bisa kita coba ya parents untuk semakin memotivasi anak-anak dalam membaca ;)