Pendidikan 'New Normal' di Dharma Mulya

15 July 2020


Terima kasih sudah berkunjung ke web kami. Dalam situasi pandemic (Covid 19) ini, kami ingin berbagi persiapan kami sebagai sebuah institusi pendidikan.

Ini adalah sebuah perjalanan yang luar biasa bersama dengan Tuhan, melewati berbagai pengalaman dan situasi yang kita lewati bersama. Sejak bulan Maret, kondisi Pandemi telah membuat kami mengambil keputusan yang sulit, yaitu situasi yang mengharuskan proses belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Sejak saat itu, Sekolah Kristen Dharma Mulya telah melakukan banyak perubahan dan persiapan dalam menghadapi yang harapan kami jauh lebih baik situasi yang belum pernah dialami oleh siapapun atau sekolah manapun di seluruh dunia.

Ada beberapa hal yang kami (sebagai sekolah) ingin bagikan berkenaan dengan cara "New Normal" dalam proses kami memberikan pendidikan kepada siswa kami:

1. Kami membuat langkah baru dalam proses pembelajaran kepada semua siswa dengan melakukan secara daring sepenuhnya dan menggunakan Learning Management System (LMS) di setiap tingkatan (KB, TK, SD, SMP & SMA).

2. Kami memodifikasi kurikulum untuk siswa sesuai dengan pedoman yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan penyesuaikan kurikulum tersebut juga mengacu pada kompetensi-kompetensi yang menjadi prioritas utama untuk dipelajari oleh siswa kami dan yang penting sebagai pilar dasar dalam proses pembelajaran.

3. Dalam proses penilaian terhadap siswa, kami mengimplementasikan proses pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kolaboratif (project based learning and collaborative learning).

4. Kami akan lebih mengoptimalkan Parents Community (komunitas orang tua) untuk membantu setiap orang tua selama proses pembelajaran karena kami menyadari orang tua memiliki peran penting selama proses pembelajaran daring.

5. Kami mengenalkan jalur baru komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah dengan menambahkan sesi "student care" setiap hari setelah jam sekolah secara daring.

 

Sekarang kita telah memasuki cara pendidikan yang baru dan berbeda; ini berarti institusi sekolah, guru, staf bersama orang tua harus bekerja keras setiap hari untuk membantu dan juga membentuk siswa menjadi individu yang kuat dan berpengetahuan luas, yang melayani orang lain dengan cinta, berintegritas, bertanggung jawab, memiliki keberanian, dan kepercayaan diri.

Para siswa ini yang akan memenuhi harapan dunia akan pemimpin yang memiliki keterampilan manajemen diri, keterampilan komunikasi yang baik, pembuat keputusan yang cerdik, pemecah masalah yang kreatif & inovatif, paham teknologi, dan memiliki keterampilan yang hebat. Kami yakin bahwa setiap siswa kami adalah calon para pemimpin terdepan yang pada akhirnya akan membawa dampak positif bagi orang lain di sekitarnya dan menjadi agent of change (agen perubahan) dimanapun nantinya mereka berada.

Dharma Mulya sebagai sekolah percaya bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kami gunakan untuk mengubah dunia. Namun, kami juga percaya bahwa pendidikan saja tidak cukup. Sebagai umat Kristiani, kami percaya bahwa nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan yang telah diajarkan akan tumbuh semakin dalam dan kuat jika disampaikan bersama dengan pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Kristiani. Dalam situasi Pandemi ini, hal-hal tersebut akan terus menjadi visi utama kami dan kami berharap bersama dengan orang tua / wali murid, visi ini akan semakin bertumbuh dan berkembang.

 

 

Saya berdoa dan terus berharap yang terbaik untuk kita semua. Tetap sehat dan kuat di dalam Tuhan. Tuhan memberkati.

 

 

Stefy C. Tjandradjaja., S.E., M.B.I., M.M.

School Director of Dharma Mulya Christian School

 



#TransformingGenerations 

#DharmaMulya

 

 

 

Baca Juga:

Nilai-Nilai ini Diterapkan di Sekolah Kristen Dharma Mulya

Lokasi dan Nomor Sekolah Kristen Dharma Mulya

Visi dan Misi Sekolah Kristen Dharma Mulya

Menonton Video Para Siswa Dharma Mulya