Juara 1 Lomba Peneliti Pelajar Surabaya, Siswa SMP Kristen Dharma Mulya meneliti Daun Mangga

28 January 2022


Judul penelitian Marcello Sihite, siswa SMP Kristen Dharma Mulya: “Pemanfaatan Daun Mangga (Mangifera Indica) sebagai Anti Bakteri” mendapatkan juara satu dalam Lomba Peneliti Pelajar Surabaya, kategori Ilmu Hayati pada 15 Oktober 2021 lalu. 

 

Hasil kesimpulan dari penelitian ini:

1. Bahwa daun mangga dapat menghambat bakteri E.coli. 

2. Kandungan yang terdapat di ekstrak daun mangga adalah flavonoid yang dapat menjadi anti bakteri.

 

Simak cerita Marcello dalam video berikut:




Bakteri E.coli salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit diare. Salah satu bahan obat alami dari ekstrak tanaman yang berpotensi sebagai anti bakteri adalah ekstrak daun manga (Mangifera Indica). Penelitian ini bertujuan untuk dijadikan sebagai anti bakteri, dan mengindentifikasi golongan senyawa kimia dari ekstrak tersebut sebagai anti bakteri. Daun mangga diekstraksi secara maserasi menggunakan pelarut methanol. Ekstrak methanol daun mangga yang dihasilkan dilakukan uji absorbansi dengan menggunakan alat spektrofotometer. Setelah diketahui absorbansinya, ekstrak methanol daun mangga kemudian ditentukan konsentrasi  hambat. Hasil Ekstraksi daun mangga dengan pelarut menghasilkan ekstrak methanol dengan konsentrasi 100% dengan zona hambat 0.082 nm. Berdasarkan hasil uji fitokimia ekstrak methanol daun mangga menunjukan senyawa adalah flavonoid.

 

Penelitian ini dilakukan berawal dari keresahan Marcello selalu melihat daun mangga bertaburan di depan halaman rumahnya, dan selalu dibuang begitu saja ke tempat sampah. Jadi Marcello berpikir bagaimana jika Mangga itu tidak hanya buahnya saja yang berguna tetapi daunnya juga bisa dimanfaatkan dengan baik, dan bisa berguna karena banyak orang yang belum tahu tentang daun mangga yang bisa dijadikan sebagai anti bakteri.

 

Dalam penelitian Marcello yang didampingi dan dibimbing para guru SMP Kristen Dharma Mulya, Marcello mengasah daya berpikir kritis, sistematis, dan kemampuan mempraktikkan ilmu hayati hingga berguna bagi umat manusia.



Siap belajar di SMP Dharma Mulya juga?



SMP Kristen Dharma Mulya

031 - 561 3400

0857-0694-3923

 

#dharmamulya

#transforminggenerations