Cerita Opa Mantiri di Hari Pahlawan

08 November 2017


Opa Josias Mantiri, seorang pensiunan Angkatan Laut yang masa remajanya dihabiskan saat akhir masa penjajahan Belanda dan penjajahan Jepang.

Opa Mantiri saat itu dengan berani menyanyikan lagu-lagu semangat kebangsaan Indonesia. Meskipun di zamannya tidak diperkenankan menyanyi. Beliau dengan semangat dan keberanian bersama teman-teman masa itu sangat merindukan Indonesia merdeka.

Cerita Opa Mantiri menjadi inspirasi dan semangat bagi para siswa kelas 2 dan 3 SD Dharma Mulya Surabaya. Anak-anak ini menjadi semangat kembali dan semakin mencintai Indonesia.

Kegiatan yang diadakan untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November ini mengajak anak-anak semakin mencintai Indonesia. Setelah mendengarkan cerita Opa Josias Mantiri, anak-anak diajak menuliskan janji untuk Indonesia. Pada masa kini, anak-anak dapat mengisi kemerdekaan dengan apa saja.

Pada akhir kegiatan, mereka membagi-bagikan setangkai bunga di depan sekolah. Bunga ini disertai pesan semangat yang ditulis di dalam kartu. Pesan ini berisi untuk melanjutkan perjuangan pahlawan bangsa dengan menjaga persatuan.