#DMexcellentJOURNEY 3: Rally Pelajaran yang Seru
28 July 2018
#DMexcellentJOURNEY kali ini mengajak kita belajar dengan metode yang seru banget. Anak kekinian mesti kreatif nih dengan cara belajar yang bikin happy, tapi juga berguna banget!
Ini dia metode belajar IPS tingkat SMP yang menyenangkan dengan menggabungkan tiga gaya belajar siswa: visual, auditori, dan kinestetik. Cara belajarnya melalui permainan ular tangga, yang tentu membuat kita lebih mudah memahami materi yang diberikan.
Cara bermainnya seperti permainan ular tangga yang pernah kita mainkan. Ada beberapa kotak, yang di dalamnya terdapat pertanyaan atau perintah yang harus dijawab oleh kelompok. Tentu semuanya berkaitan dengan materi IPS. Masing-masing kelompok harus menjawab atau memperagakan perintahnya.
Misalnya ketika mendapat gambar Kanguru, maka harus menjawab yang berkaitan dengan binatang ini. Jawabannya seperti: binatang ini ada di Australia, berbeda dengan kanguru pohon di indonesia karena beda kondisi wilayah.
Tidak hanya berupa gambar atau pertanyaan, bisa saja berupa perintah/request seru seperti: nyanyikan lagu daerah Jawa, maka satu kelompok harus bersama-sama menyanyikan salah satu lagu tersebut.
Seru sekali, kan? Kalau belajar IPS sambil main bareng banyak temen begini jadi lebih mudah.
Video kedua ada teman-teman SD, nih.
Memberi bekal pengetahuan ‘perlindungan diri’ sedini mungkin mulai dibutuhkan di era kini. Kesadaran inilah yang membuat #DharmaMulya merasa anak-anak harus mulai dibekali dengan pengenalan akan dirinya sendiri terlebih dahulu, dan perbedaan dengan lawan jenisnya.
Sebagai tahap awal bagi anak-anak kelas 1 SD mereka mendapatkan pembelajaran melalui cerita yang menarik tentang bagian tubuh tertentu yang harus mereka lindungi. Bagian tubuh ini tidak boleh disentuh oleh siapapun kecuali orang tua yg mereka sayangi.
Pembelajaran yang sederhana ini disertai aktivitas mewarnai, yang menjadi kegiatan yang seru untuk anak-anak. Harapannya, melalui kegiatan dan pembelajaran ini, anak-anak mendapatkan bekal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Menutup kegiatan, anak-anak diajak bermain hulahup yang menambah keceriaan kegiatan hari itu.
Video terakhir ada kelas 10 SMA Dharma Mulya.
Kita semua sangat familiar dengan istilah ‘global warming.’ Ini merupakan proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi secara global. Jadi peningkatan suhu ini terjadi tidak hanya di satu tempat, melainkan hampir pada sebagian besar tempat di bumi.
Nah dampak yang besar ini harusnya diketahui masyarakat luas. Teman-teman baru di SMA #Dharmamulya ini diajak menganalisis dan membuatnya dalam bentuk ‘mind map.’ Ini salah satu pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan pemikiran siswa sebagai pusat untuk memperoleh informasi yang dipelajari sehingga mudah dipahami dan diingat.
Sebelumnya, siswa disajikan beberapa fakta dan bukti terjadinya global warming, penyebab, dan akibatnya, hingga solusi mengurangi dampak buruk ini. Mereka dibagi dalam kelompok-kelompok untuk membuat mind map ini.
Materi global warming sendiri dipilih karena sudah menjadi fenomena yang sudah tidak asing lagi, dan merupakan masalah warga dunia. Hasil dari pemikiran para siswa kelas 10 ini dipamerkan dalam sebuah pameran kecil di lingkungan sekolah yang dapat dilihat orang tua serta masyarakat sekitar.
Dengan adanya pameran kecil berupa mind map karya para siswa ini, harapannya para pengunjung semakin sadar dan turut menghindari berbagai dampak buruknya.
Wah seru sekali belajarnya ya!
Tak terasa sudah di episode terakhir #DMexcellentJOURNEY nih.
Terima kasih yang sudah selalu ikuti 7 hari ini. Serunya pakai banget, nih :D