Culture Exchange Gathering: Bangga Mengajarkan Budaya Kepada Tamu dari Korea

01 September 2014


Culture Exchange Gathering merupakan pertunjukan seni dua budaya yaitu Indonesia dan Korea Selatan, yang ditampilkan oleh World Friends IT Volunteers berkolaborasi dengan siswa-siswi di SMA Kristen Dharma Mulya.

Acara yang diadakan pada 29 Agustus 2014, pukul 09.00 ini mengusung tema The Spirit of Building Youth Friendship. Perhelatan ini menjadi puncak dari program kerjasama pembelajaran dan pertukaran budaya yang telah berlangsung selama satu bulan. 

World Friends IT Volunteers (disebut juga KIV: The Korea Internet Volunteers) merupakan sebuah program jangka pendek yang memberikan pembelajaran IT & pertukaran budaya terhadap para generasi muda selama 1 bulan hingga 1 tahun di Asia, Afrika, Amerika latin dan wilayah Eropa sejak tahun 2001.

Surabaya, melalui Sekolah Kristen Dharma Mulya dipercaya menjadi salah satu tuan rumah untuk program tersebut. Sejak tahun 2008, sekolah kristen di Surabaya Barat ini bekerja sama dengan program World Friends IT Volunteers yang dikelola oleh National Information Society Agency (NIA), di bawah Ministry of Science, ICT (Information, Communication & Technology) and Future Planning Korea Selatan, guna mengembangkan dan membantu menciptakan sebuah learning environment dan experience yang positif. Kegiatan pertukaran budaya seperti ini menjadi ajang pula bagi siswa-siswi untuk siap bergaul di dunia international.

Tahun ini SMA Kristen Dharma Mulya kembali kedatangan 4 anggota World Friends IT Volunteers sejak tanggal 5-30 Agustus 2014, yaitu TaeHeon Kwon, Yubin Yeon, Beomjun Kim dan Doori Na. Mereka berbagi ilmu dan pengalaman di bidang teknologi informasi, budaya, bahasa Korea dan seni bela diri khas Korea, Taekwondo. Selama disini, keempatnya juga belajar tentang budaya dan bahasa Indonesia, serta melakukan city tour dengan mengunjungi museum, bangunan bersejarah, pusat bisnis dan beberapa media massa besar (baik cetak maupun elektronik) di Surabaya.

Dalam Culture Exchange Gathering ini siswa-siswi SMA, SMP dan SD Kristen Dharma Mulya bersama anggota World Friends IT Volunteers menampilkan Tari Remo, Parade Bhinneka Tunggal Ika, paduan suara lagu nasional dan lagu daerah. Tak ketinggalan pula permainan gamelan oleh SD Dharma Mulya dan para anggota World Friends IT Volunteers.

Acara berlangsung sangat meriah. Apalagi ketika tampilan bernuansa budaya ini satu persatu tampil. Ini adalah sebuah kebanggan bagi generasi muda Indonesia saat ini dapat melestarikan budaya leluhur sambil mengenalkannya kepada tamu internasional.

Sekolah Kristen Dharma Mulya membuktikan fokusnya mengembangkan karakter kristiani, kasih persaudaraan, melalui persahabatan yang terjalin antarnegara