Mengajak Anak Masuk ke Lingkungan Baru

16 October 2019


(Artikel ditulis oleh: Alfa Setya Euodia, Guru Bahasa Inggris SD Kristen Dharma Mulya Surabaya)

 

 

Pertemanan menjadi hal yang penting bagi anak-anak kita di sekolah. Saat mereka memiliki teman, mereka tidak hanya merasa diterima, namun kecerdasan serta kemampuan sosial mereka dapat semakin bertumbuh.

 

Beberapa tips berikut ini bisa kita coba:

 

Kenalkan

Saat masuk ke lingkungan baru, kita bisa mencarikan teman yang ceria lalu mengenalkan kepada anak kita untuk jadi teman baiknya. Kalau di sekolah, kita bisa meminta bantuan guru mereka.

 

 

Ikut Games

Mari dorong anak-anak kita untuk terlibat dalam games perkenalan. Ini bisa membantu mencairkan suasana, dan keraguan mereka masuk ke lingkungan baru.

 

 

Tidak Memaksa

Jika anak-anak kita masih terlihat takut atau ragu, mari tidak terlalu memaksa untuk aktif dalam aktivitas sekolah. Mari tetap biarkan mereka masuk ke lingkungan baru ini dengan alami dan sesuai dengan kondisi anak kita.

 

 

Komunikasi Dua Arah 

Hal yang paling penting adalah mari terus mengajak anak kita berkomunikasi. Obrolan ringan setiap hari akan membantu kita mengerti isi hati mereka.

 

Komunikasi tidak selalu dengan menanyai apa aktivitas mereka, apa yang mereka temui, tetapi sebagai orang tua juga dapat menceritakan hal-hal yang sedang kita senangi, atau hal-hal seru lain yang menarik perhatian mereka.

 

Jika kita sering bercerita, hal ini tentu akan membuat mereka tertarik untuk bercerita juga. Kita pun akan mengetahui teman seperti apa yang mereka inginkan. Termasuk aktivitas pertemanan mereka di sekolah.

 

 

Two-Way Communication ini adalah salah satu nilai dalam Servant-Empowered Leadership yang diajarkan di Sekolah Dharma Mulya, bukan hanya kepada siswa tetapi juga guru dan seluruh warga sekolah. Nilai ini fokus kepada kesediaan mendengarkan orang lain dan memberikan umpan balik dengan rendah hati.

 

Yuk, #BerubahMulaiSekarang dengan two-way communication atau komunikasi dua arah. Cara ini akan cukup ampuh menciptakan relasi yang baik dan lebih dekat. 



#TransformingGenerations 

#DharmaMulya

 

Baca Juga:

Memotivasi Anak untuk Berempati

Berjumpa Sang 'Transformator' Sejati

Kejutan Sayang dari Anak-Anak untuk Pembersih Kelas

Praktik Karakter Percaya Diri melalui Audisi Youtuber Cilik