Berkolaborasi Mewujudkan Ide Audio Visual Bersama

02 October 2018


Camera?”

Rolling!”

“...and, ACTION!

Suara lantang terdengar dari seorang siswa yang siang itu belajar menjadi sutradara film pendek. Beberapa teman lain memegang kamera, dan perekam suara.

Inilah ekstrakurikuler JPC, singkatan dari Journalism, Public Speaking, and Cinematography. Para siswa di sekolah kristen Surabaya Barat belajar membuat berita jurnalistik, menjadi presenter dan membuat film pendek.

Berkembangnya dunia digital saat  ini mendukung mereka yang sangat antusias di bidang ini. Hasil karya mereka dapat diunggah di YouTube channel sekolah. Banyak subscribers yang menanti dengan antusias video apa lagi yang dirilis. Dengan demikian mereka juga dapat belajar menerima saran, dan kritik yang membuat mereka lebih maju melalui interaksi langsung dengan penontonnya.

 

Belajar Sesuai Minat

Materi yang diajarkan yang sesuai dengan minat mereka masa kini. Bagaimana membuat film pendek mulai dari menyiapkan cerita, mengambil gambar hingga proses editing gambar hingga siap dinikmati.

Begitu pula dengan berita jurnalistik, mulai dari mencari berita sesuai fakta, mengolah, menulis hingga dapat dibaca.

Kegiatan public speaking yang diajarkan adalah bagaimana tampil di depan layar televisi memandu program berita hingga acara-acara populer khas anak muda.

 

Kegiatan JPC (Journalism, Public Speaking, and Cinematography) ini memberi bekal kepada para siswa yang memiliki talenta di bidang ini.

Selain talenta teknis yang diasah, mereka juga belajar bekerja sama dengan tim. Ini salah satu wujud upaya sekolah membentuk karakter kristiani.

Mereka belajar bagaimana menyatukan ide, berkolaborasi mewujudkan ide yang sudah dikonsep dan ditulis bersama pula. Lengkap dan seru sekali!

 

Video Jurnalisme ini meraih Juara 2 dalam Digital Festival 2015 yang diadakan Program Studi Digital Communication - Surya University, Tangerang & Metro TV. Karya Merry Agustina dan Dewi Christina Sari (SMA Dharma Mulya Surabaya).

 

 

Film pendek karya para siwa.

 

 

 

 

 

 Video behind the scene dari serial web produksi Dharma Mulya Christian School Surabaya

 

 

Baca Juga:

Belajar Makanan Tradisional hingga Internasional

Berkolaborasi Mewujudkan Ide Audio Visual Bersama

Melayani Tuhan dalam Paduan Suara Gerejawi