Cerita Kami di Kebun Pak Budi

10 April 2019


(Artikel ditulis oleh: anggota ekskul JPC: Journalism, Public Speaking and Cinematography: Angela Peretio, Jelena Y. W., Frederika H, Dewi Kumalasari, Nicholas Dutavira, Nicholas A. D., Aurora L. B. | Foto oleh: Angela Peretio | Video dibuat oleh: Yeshua Omega)

 

Saatnya belajar di luar kelas. Ini adalah saat yang menyenangkan banget! Apalagi kami langsung belajar di alam pada Jumat 5 April 2019 lalu. Pilihan tempat kami belajar adalah Kebun Pak Budi. Ini adalah cerita kami, para siswa kelas X dan XI bersama setiap sudut di sana yang berhasil kami jelajahi, dan pelajari.

 

Kali ini kami, para siswa SMA Kristen Dharma Mulya field trip ke Kebun Pak Budi, Purwosari, Pasuruan. Para murid telah berkumpul di sekolah mulai pukul 06.45 dan berangkat ke lokasi menggunakan transportasi bus yang telah disiapkan oleh sekolah. Sesampainya di lokasi, kami menuju ke auditorium untuk mempersiapkan aktivitas selanjutnya. Setelah itu para murid menikmati makan siang, sebelum akhirnya melanjutkan kegiatan edukasi lainnya.

 

Kami belajar tentang teknik penanaman tanaman secara hidroponik, yaitu penanaman tanaman tanpa media tanah. Seluruh peserta fieldtrip diajak berkeliling ke sekitar peternakan yang mengembangbiakan sapi, kuda, kambing, dan ayam. Tak lupa juga kami belajar tentang pengelolahan kopi luwak.

 

Belajar langsung ke alam ini membuat kami semakin bersemangat. Beragam materi di kelas dapat kami praktikkan langsung melalui proses exploring, planning, doing, action untuk kemudian kami lakukan juga kegiatan evaluating. Kami yang kelas IPS mengaplikasikan pelajaran Bahasa Inggris, dan Geografi. Sementara kelas IPA, pelajaran Biologi dan Geografi.

 

Setelah itu, kami kembali berkumpul di auditorium untuk foto bersama masing-masing kelas. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 dan akhirnya kami semua berkumpul di pendopo tengah menunggu giliran kami untuk kembali ke bus. Sembari menunggu, kami mendapat souvenir edukasi dari pihak Kebun Pak Budi yang berupa bibit tanaman cabai. Puji Tuhan perjalanan menuju Surabaya berjalan dengan lancar tanpa kekurangan suatu apapun. Sesampainya di sekolah kami langsung bersiap-siap untuk pulang membawa pengalaman pembelajaran yang sangat berguna. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.