Membacakan Cerita untuk Anak

16 September 2019


Mendengarkan cerita Alkitab, bersama-sama memuji Tuhan, dan bergembira dalam pengenalan akan Kristus dilakukan setiap pagi di Kelompok Bermain dan TK Kristen Dharma Mulya. 

Anak-anak tidak hanya pasif namun juga diajak terlibat dalam setiap cerita Alkitab. Mereka tentunya menjadi sangat antusias dan bersukacita.

 

Mari kita bangun karakter anak-anak untuk cinta Tuhan dan sesama setiap hari dengan membacakan cerita Alkitab bagi mereka.

 

Penelitian membuktikan bahwa Tuhan menciptakan otak manusia untuk menyukai cerita. Inti Alkitab adalah narasi agung penebusan. Tuhan menciptakan, menebus dan memulihkan umat-Nya. Narasi memiliki kekuatan menyampaikan ajaran atau moral cerita. 

 

 

BACA PETUNJUK MENCERITAKAN TEKS ALKITAB UNTUK ANAK DI SINI.

 

 

Apakah parents mau membacakan cerita Alkitab untuk anak?

 

Mari mencoba dengan alat peraga berikut. Cetak gambar, gunting sesuai garis lalu gunakan gambar-gambar ini sambil bercerita.

 

Bahan terambil dari: Matius 2:1-12

 

1. Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem

 

2. dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

 

3. Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.

 

4. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.

 

5. Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:

 

6. Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

 

7. Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.

 

8. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia."

 

9. Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.

 

10. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

 

11. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

 

12. Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

 

 

 

 

Baca Juga:

 

Kekuatan Dongeng Itu Menyentuh Hati Anak-Anak

Character Building Setiap Pagi

Menghabiskan Waktu Sehari di Sekolah dengan Kasih

Bermain dan Belajar Bersosialiasi