Kekuatan Dongeng Itu Menyentuh Hati Anak-Anak

10 October 2018


Dharma Mulya’s Book Party Chapter 4 pada 5 dan 8 Oktober 2018 lalu mengundang Kak Ariyo Zidni atau dikenal dengan Kak Aiodongeng.

Pada program tahun ini, sekolah kristen di Surabaya Barat ini sedang fokus ke kelas kecil mulai dari Kelompok Bermain, TK, hingga SD. Mereka mendapatkan dongeng yang menghibur sekaligus bernilai baik. Menariknya lagi, anak-anak juga dilibatkan menjadi salah satu tokoh dongeng.

 

Tidak hanya anak-anak yang mendapatkan dongeng dari Kak Aio. Para guru KB, TK, SD, dan beberapa siswa SMA juga mendapatkan bekal dari Kak Aio tentang teknik mendongeng. Wah, senangnya dapat belajar banyak hal dalam mendongeng! Kak Aio juga mengajak para guru praktek langsung setelah mendapat teorinya. Tentu ajang ini menjadi waktu yang menyenangkan karena dapat terjun langsung mendongeng di depan anak-anak.

 

Melalui dongeng, anak-anak dapat belajar berempati karena ceritanya mudah menyentuh kepekaan perasaan mereka.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa otak manusia yang tertarik dengan cerita, salah satu penelitian McMaster University membuktikan hal ini.

 

Dongeng merupakan salah satu bentuk cerita yang membuat  anak-anak bisa berimajinasi dari cerita yang mereka dengarkan. Anak-anak mencoba menempatkan diri sebagai tokoh dongeng. Itulah kenapa, banyak nasihat baik dapat disampaikan melalui dongeng. Kak Aio juga berpesan bahwa setelah mendongeng, tidak perlu diberi tambahan pesan langsung kepada anak-anak. Mari biarkan mereka menikmati ceritanya terlebih dahulu dan mencerna sendiri apa yang ditangkap tanpa harus diberikan perintah ini itu atau harus berbuat begini begitu.

 

Kak Aio adalah pendongeng yang sudah dikenal anak-anak Indonesia. Awalnya, mendongeng merupakan hobi yang ditekuni Kak Aio sejak kuliah. Nah, sekarang justru menjadi profesi utamanya. Kak Aio banyak melatih mereka yang ingin belajar mendongeng juga. Aktivitasnya selain menulis cerita, kini mengajar sebagai dosen mata kuliah penuturan cerita di Universitas Indonesia.

 

Kak Aio mulai mendongeng sejak tahun 1999 dari Aceh hingga Papua dan sampai ke luar negeri. Selama bertahun-tahun, Kak Aio telah berpartisipasi pada festival dongeng internasional sebagai pendongeng dan narasumber pelatihan dongeng di Singapura, India, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

 

 

 

 

Baca Juga:

Perpustakaan SMP Dharma Mulya Memotivasi Anak-Anak agar Suka Mendongeng

Gemar Membaca dengan Dongeng

Reading & Writing are Always Fun

Rilis Buku & Fun Library, Dharma Mulya Dukung Dunia Literasi