Anak Susah Atur Waktu? Tips ini Bisa Ditiru

23 October 2019


(Artikel ditulis oleh: Laura Carolina, staf research and development (R&D) yayasan Dharma Mulya Surabaya)

 

 

 

Banyak kalangan menyebut salah satu ciri anak zaman now adalah anak-anak yang aktif dan kreatif. Mereka senang beraktivitas untuk mengembangkan talenta mereka. Untuk itu banyak orang tua yang mengirim anaknya mengikuti berbagai les baik itu bersifat seni ataupun olah raga. Anak zaman now juga sangat dekat dengan teknologi sehingga mereka dapat betah berlama-lama chatting maupun bermain online games dengan gadget mereka. 

 

Seringkali hal ini menjadi masalah sebab anak-anak kesulitan mengatur waktu mereka. Belum lagi ada tugas sekolah atau ulangan yang juga menjadi tanggung jawab utama mereka sebagai seorang pelajar. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

 

 

1.    Buat list atau daftar kegiatan

Ajar anak untuk membuat  list atau daftar kegiatan apa saja yang harus mereka lakukan dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam satu minggu.

 

 

2.    Atur prioritas

Setelah daftar tersebut dibuat, ajar anak untuk menentukan kegiatan mana yang penting dan yang harus segera dilaksanakan, lalu kegiatan mana yang dapat dilakukan menyusul. Latih anak sejak dini untuk membuat skala prioritas.

 

 

 

3.    Atur waktu

Setelah membuat skala prioritas, dampingi anak untuk menentukan kapan waktu pelaksanaan  tiap-tiap kegiatan yang telah disusun tadi.

 

 

4.    Segera laksanakan, jangan tunda

Biasakan anak untuk tidak menunda apa yang harus dilakukan. Pengaturan waktu hanya akan menjadi teori jika tidak segera dilaksanakan.

 

 

Latihan mengatur waktu ini merupakan salah satu kegiatan dalam character camp SD Kristen Dharma Mulya yang diadakan tanggal 2-4 Oktober 2019 di Griya Kusuma Indah, Pacet. Anak-anak mempraktikkan langsung melalui beberapa rangkaian permainan sebagai aplikasi teori.

 

 

Mari simak video ini:

 

 

Nah parents, jika anak sudah terbiasa mengatur waktu maka keberhasilan akan selalu dekat dengan mereka. Sebagai orang tua kita pun juga harus memberikan teladan langsung karena apa yang mereka lihat, lebih mudah mereka tiru daripada apa yang kita katakan.

 

 

Yuk, #BerubahMulaiSekarang, belajar mengatur waktu dengan baik.



 

#TransformingGenerations 

#DharmaMulya

 

Baca Juga:

Mengajak Anak Masuk ke Lingkungan Baru

Memotivasi Anak untuk Berempati

Berjumpa Sang 'Transformator' Sejati

Kejutan Sayang dari Anak-Anak untuk Pembersih Kelas