Project-Based Learning Kolaborasi Bersama Krya.id

13 July 2020


Perubahan saat ini menjadi semakin cepat karena pengaruh banyak hal. Salah satunya adalah masa pandemi ini. Sekolah Dharma Mulya sebagai sebuah institusi pendidikan juga terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dilakukan agar siswa tetap mendapatkan kualitas yang terbaik dalam pembelajaran jarak jauh.

 

Orang tua, dan guru sama-sama memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan proses belajar-mengajar menjadi lebih baik lagi.

 

Sekolah Dharma Mulya bekerja sama dengan Krya.id memiliki metode Project-Based Learning selama proses pembelajaran jarak jauh. Siswa tidak hanya dibimbing secara daring namun mereka memiliki kesempatan untuk menjelajahi proses belajar dengan mandiri untuk memenuhi keingintahuan mereka. Tentunya jawaban-jawaban yang mereka dapatkan ini akan mendapakan bimbingan dari para guru dan mentor dalam setiap proyek yang mereka kerjakan. Hal ini dapat melatih setiap siswa agar siap memecahkan segala problematika yang mereka hadapi. Poinnya adalah para siswa dapat terus bertransformasi selama proses belajar.

 

Berikut penjelasan dari Antonius M. Barus, CEO Krya.id yang juga berperan langsung menjadi Learning Experience Designer:

 

 

Beberapa proyek yang dikerjakan oleh para siswa SD Kristen Dharma Mulya mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 ini dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Para orang tua diminta mengambil sebuah paket yang dinamakan Kryative Maker Kit di sekolah. Paket ini berisi berbagai bahan yang dibutuhkan untuk proyek yang akan mereka kerjakan. Mereka diberikan lembar pengerjaan (worksheet) untuk melengkapi pembelajaran dan video tutorial berikut ini untuk mempraktikkan langsung dari rumah:

 

 

Dalam pembuatan proyek mandiri di rumah tersebut, sekolah membuat sesi daring khusus untuk tanya jawab dan bimbingan pembuatan proyek kepada setiap siswa yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Setelah proyek setengah jadi yang sudah dikerjakan oleh setiap siswa selesai, mereka berjumpa dalam sesi besar (tetap dalam sesi daring). Proses belajar inilah yang melengkapi proyek mereka.

 

Nantikan keseruan hasil proses pembelajaran berbasis proyek ini dalam video pada artikel berikutnya!

 

Metode pembelajaran ini termasuk dalam penerapan pembelajaran di Sekolah Kristen Dharma Mulya yaitu: kontekstual dan kolaboratif, dengan nilai-nilai budaya sekolah berdasarkan Servant-Empowered Leadership.

 

Nilai-nilai budaya Servant-Empowered Leadership yang diajarkan di Sekolah Dharma Mulya ini, bukan hanya diajarkan kepada kepada siswa tetapi guru dan seluruh warga sekolah. Yuk #BerubahMulaiSekarang dengan Servant-Empowered Leadership kita pasti bisa!




#TransformingGeneration 

#DharmaMulya

 

 

 

Baca Juga:

Nilai-Nilai ini Diterapkan di Sekolah Kristen Dharma Mulya

Lokasi dan Nomor Sekolah Kristen Dharma Mulya

Visi dan Misi Sekolah Kristen Dharma Mulya

Menonton Video Para Siswa Dharma Mulya