Tips Belajar Dance dari Mikjo ini Ampuh Membantumu dari Nol

29 January 2020


Bermula dari tidak bisa dance sama sekali, Mikjo terus berlatih hingga berprestasi. Latihan yang terus menerus ini dilakukannya dengan pantang menyerah. Spesialnya lagi, siswa SMA Dharma Mulya ini dapat membuktikan pula kepada orang tua bahwa nilai-nilai pelajarannya juga tidak menurun. Mikjo yang bernama lengkap Mikhael Jonathan ini meski aktif dalam pelayanan gereja, bekerja paruh waktu dengan menari hingga menjadi pelatih, tetap dapat membanggakan orang tua dengan nilai, dan usahanya yang menghasilkan.

 

Saat tampil di acara ulang tahun Dharma Mulya ke-35, pada 15 November 2019 lalu.

 

Siswa salah satu sekolah swasta terbaik di Surabaya ini berbagi tips untuk yang ingin belajar dance:

 

Love Dancing

Ini adalah hal yang utama yang harus kita ingat. Ketertarikan dengan dance ini akan membuat kita untuk terus berlatih dengan sepenuh hati .

 

Be Confident

Setelah kita benar-benar tertarik dengan dance, kita harus punya rasa percaya diri untuk belajar, dan jangan pernah minder dengan penari lain. Rasa minder ini mungkin akan kita rasakan khususnya dengan yang senior. Mari melihat dari kacamata berbeda, justru kita harus banyak belajar dari mereka yang senior agar kemampuan kita semakin meningkat.

 

Be Consistent

Rasa percaya diri ternyata masih kurang kalau kita tidak pernah berlatih. Kita harus punya jadwal untuk latihan rutin misalnya satu minggu sekali atau dua kali, bahkan setiap hari. Latihan ini pun harus dilakukan secara konsisten.

 

Now!

Kalau mau latihan dance khususnya yang masih awam, saat ini sudah banyak cara. Berbagai fasilitas untuk belajar telah sangat mudah. Kita bisa ikut berbagai komunitas dance atau dengan menonton berbagai video tutorial YouTube. Ini akan sangat membantu kita karena sekarang sudah banyak sekali video tutorial mulai dasar, dan dari segala macam genre. Ada banyak bagian yang dapat kita pelajari dalam dance. Mulai dari belajar variasi gerakan, menghafal koreografi, freestyle, power, ekspresi saat tampil, dan juga showmanship (bagian penting saat dancer membawakan gerakan, ekspresi dan pembawaan).

 

 

Mikhael Jonathan yang terus konsisten dan tidak pernah menyerah dalam bidang dia cinta ini akhinrya menghasilkan sebuah kesuksesan. Meski masih duduk di bangku SMA, dia mengaku mendapatkan buah dari keseriusannya selama ini. “Puji Tuhan, aku sudah bisa buktikan kalau serius dan tekun, everything can be possible. Aku sudah gak minta uang saku dari ortu, untuk beli segala kebutuhan pribadi seperti HP, baju, dan lainnya aku pakai uang hasil sendiri.”

 

Mikjo juga menambahkan, “Aku sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus karena di usiaku yang masih muda tapi diberi kesempatan dan pengalaman yang sangat besar. Selain penghasilan dari dance, aku juga jadi punya banyak sekali relasi. Mulai dari yang muda, sampai senior, bahkan sampai di luar Surabaya. #BerprestasiSejakDini dan #BeProudOfYourSelf.”

 

 

 

Apa yang dilakukan Mikhael, siswa SMA Dharma Mulya ini sangat memberi manfaat bagi orang lain (be influential). Nilai ini diajarkan di sekolah Dharma Mulya bukan hanya kepada guru tetapi juga kepada seluruh warga sekolah. Be influential merupakan salah satu nilai dalam Servant-Empowered Leadership yang berada dalam bagian leader as a model. Ini menjadi nilai budaya yang diterapkan di sekolah Dharma Mulya Surabaya.

 

Yuk, #BerubahMulaiSekarang dengan terus berusaha memberikan manfaat kepada orang lain, apapun yang sedang kita kerjana saat ini.



 



#TransformingGenerations 

#DharmaMulya

 

 

 

Baca Juga:

Nilai-Nilai ini Diterapkan di Sekolah Kristen Dharma Mulya

Pandhe Ingin Sukses Menjadi Musisi dan Memuliakan Nama Tuhan

Yemima, Alumni SMA Dharma Mulya Meraih Impian Menjadi Beautypreneur

Mandiri dan Penuh Semangat, Kunci Angelina Meraih Prestasi