Menjadi Pemimpin Dimulai dari Sekarang

01 November 2019


(Artikel ditulis oleh: Shalomita, Siswa SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya)

 

 

Karakter pemimpin sebagai teladan atau leaders as a model adalah salah satu nilai dalam Servant-Empowered Leadership. Nilai-nilai ini diajarkan di Sekolah Dharma Mulya bukan hanya kepada siswa tetapi guru dan seluruh warga sekolah. Nilai ini fokus kepada kemampuan yang dimulai dari diri sendiri, memberikan perhatian penuh, komitmen dan memberikan manfaat bagi orang lain.

 

Menjadi pemimpin harus memiliki visi yang jelas, rendah hati, konsisten dan mau terus belajar. Simak lengkapnya di artikel ini:

 

 

BACA: PEMIMPI JUGA BISA JADI PEMIMPIN

 

 

Menyenangkan sekali saat mendapat kesempatan untuk belajar menjadi pemimpin, dibentuk karakternya, dan semakin diasah dalam berorganisasi. Inilah yang dirasakan para siswa SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya pada 13-15 September 2019 lalu di desa Baledono, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mereka mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang bukan hanya belajar berorganisasi tetapi juga diberi pembekalan agar menjadi pemimpin yang beriman kepada Tuhan, tangguh, jujur, bertanggung jawab serta yang terpenting melayani sesama.

 

Para siswa ini tinggal di rumah-rumah penduduk desa untuk praktik langsung melayani. Mereka membantu penduduk dalam berladang, memberi makan ternak, dan kegiatan lain. Saat bertemu langsung dengan penduduk desa dan membantu mereka, para siswa ini belajar banyak hal. Kalau selama ini mereka banyak dilayani di rumah dengan kebutuhan yang selalu tercukupi maka para siswa belajar untuk benar-benar melayani langsung masyarakat yang ada di desa tersebut.

 

 

 

Mereka juga tinggal bersama penduduk yang berbeda suku, agama dan tingkat sosial sehingga para siswa ini belajar langsung untuk saling menghargai juga. Termasuk menghargai makanan  yang diberikan hingga menghargai tempat tinggal yang sederhana.

 

Setelah kegiatan LDKS ini diharapkan mereka dapat lebih menghayati nilai-nilai kepemimpinan yang mau terus melayani. Saat menjadi pengurus OSIS pun, mereka terlatih dengan nilai-nilai kepemimpinan seperti ini. Menjadi pemimpin selalu berhubungan dengan kerendahan hati dan keteladanan. 

 

 

Yuk, #BerubahMulaiSekarang dengan belajar menjadi pemimpin yang melayani dan memberikan manfaat bagi orang lain.





#TransformingGenerations 

#DharmaMulya





 

 

Baca Juga:

Lawan Bullying

Menyuarakan Kesatuan melalui Lagu

Berdoa itu Gaya Hidup

Halo Teman-Teman Baru